Dialog konseling Client Center ~ Tentangku

Kamis, 03 Juli 2014

Dialog konseling Client Center


A.Kemajuan Akademis
Budi
Setelah lulus SMP dia memutuskan untuk masuk ke sekolah menengah atas terfavorit yang letaknya jauh dari rumahnya. Di sekolah Budi dari kelas X sampai kelas XII, selalu masuk peringkat sepuluh besar. Nilai raport juga diatas rata – rata.
B.    Keadaan Fisik
Keadaan Fisik Budi cukup normal. Ia adalah remaja dengan tinggi 159 cm dan berat 49 kg, Rambutnya pendek berwarna hitam dan berkulit sawo matang. Ia juga memiliki penglihatan yang baik dan
memliki pertumbuhan fisik yang baik.


C.    Kondisi Keluarga
Budi
 anak terakhir dari tiga bersaudara , ayahnya bekerja sebagai Instansi didaerahnya, ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga. Ia tinggal d tergolong orang yang berkecukupan. Didalam lingkungan tersebut Budi tidak mengalami hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan tempat tinggalnya, sehinnga Budi dan keluarganyapun cukup baik dan akrab. Budi sangat dekat dengan semua anggota keluarganya, sehingga pada saat dia untuk sekolah yang letaknya jauh dari rumah, kemudian dia memutuskan untuk tinggal di dekat sekolahnya (kos). Hal ini yang menyebabkan Budi kurang perhatian dari orangtuanya, sehingga Budi terlihat murung dan kurang bersemangat untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Dan akhir-akhir ini Budi merokok untuk melampiaskan kejenuhan.
D.    Tingkah laku sosial
Kehidupan sosial Budi Budi
semenjak memutuskan untuk tinggal didekat sekolahnya (kos), ia cenderung sering murung, dan dia terlihat merokok

D.    DIAGNOSIS
Berdasarkan dari gejala yang tampak, diketahui bahwa budi sering terlihat murung, dan juga merokok, kemudian dikaitkan dengan latar belakang informasi yang diperoleh dari teman-temannya dan budi  sendiri diketahui bahwa Ia sering mengeluh mengenai menumpuknya tugas-tugas dari Sekolah, dapat ditetapkan bahwabudi  mengalami kesulitan dalam mengatur waktunya di karenakan budi  kurang kasih sayang dari orang tuanya. Ia kesulitan dalam mengatur waktu belajar dan mengerjakan tugasnya, sehingga tugas-tugas yang ada lama-kelamaan menjadi menumpuk dan tidak terselesaikan. Karena ia terbiasa santai dan termotivasi oleh orang tuanya, membuat ia menjadi tertekan ketika dihadapkan dengan tugas-tugas sekolah yang memakan banyak waktu, dan  juga membuatnya merasa jenuh sehingga menyebabkan ia melakukan hal-hal yang tidak biasa ia lakukan seperti merokok.

E.    PROGNOSIS
Dilihat dari masalah yang dihadapi oleh Budi tersebut, maka dapat digunakan beberapa alternatif bantuan untuk membantu menyelesaikan masalahnya tersebut, yaitu dengan dilakukannya konseling individu untuk memberikan pengertian dan alternatif bantuan kepada konseli mengenai kesulitan dalam mengatur waktu belajar 
Setelah diketahui faktor penyebab menurunnya prestasi belajar anak tersebut melalui berbagai sumber, maka konselor memberikan layanan bantuan dengan menggunakan pendekatan Client Centre Theraphy yaitu suatu teknik konseling dimana konseli yang berperan aktif dalam penyelesaian masalahny




F. TREATMENT


Konselor          :Hai Budi, apa kabar? Kok Kamu sendirian disini?
Budi                  :Eh Bapak, ga papa kok pak. Saya lagi pengen sendiri aja. (menjawab singkat)
Konselor          :Ada apa nih kok Budi pengen sendiri, boleh gk bapak temanin Budi ngobrol disini?
Budi                  : Iya pak, nggak apa-apa, Saya lagi malas pulang ke kost Bu, sumpek liat kamar yang berantakan. (jawabnya singkat).
Konselor          :(melihat ada rokok di saku baju Budi, dan langsung bertanya) Budi merokok ya?
Budi                  : (gugup) ehm engga kok pak. Saya ga merokok.
Konselor          :Itu apa yang ada di saku bajumu?
Budi                  :Ehm, iya pak. Ini punya Saya.
Konselor          : Budi merokok yah?
Budi                  :Iya pak, soalnya Saya lagi galau pak.
Konselor          :Oh budi lagi galau. Memang apa yang Kamu fikirkan?
Budi                  :Ehm ga papa kok pak ( Budi menunduk).
Konselor          :Coba Kamu cerita sama bapak, siapa tau habis Kamu cerita perasaan Kamu agak lega.
Budi                  :Ehm iya pak (jawabnya singkat)
Konselor          :Hmmm ngomong-ngomong Budi kok tampak agak kurusan ya sekarang, Budi sakit? (Tanya konselor sambil memandang wajah Budi)
Budi                  :Enggak kok pak, cuma sering begadang aja, gara-gara banyak tugas yang harus dikerjakan pak.
Konselor          :Oh banyak tugas ya, bagaimana sudah dikerjakan tugas-tugasnya Budi?
Budi                  :Iya pak banyak sekali tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, tugasnya gak begitu berat sih pak bagi Saya, tapi tugas yang diberikan oleh guru – guru mata pelajaran terlalu banyak sehingga Saya bingung mau mengerjakan yang mana duluan, dan saya juga merasa kurang perhatian dari orangtua saya merasa kurang termotifasi untuk giat belajar dan mengerjakan tugas. Sedangkan bapak tahu sebentar lagi Saya Ujian Nasional, Saya juga harus mempelajari pelajaran–pelajaran yang akan di UAN kan. Saya susah membagi waktu untuk belajar dan mengerjakan segudang tugas itu.
Konselor          :Oh itu masalahnya. coba Budi pikirin kalau  kamu merokok setiap galau memikirkan tugas. Jika tugas diberikan setiap hari ada berapa bungkus rokok yang kamu habiskan dan hitung berapa banyak bahan kimia berbahaya yang masuk kedalam tubuhmu. Kamu bisa pikirkan dampak rokok untuk kesehatan kamu dalam jangka panjang. Itu bisa membahayakan kesehatan kamu dan orang-orang di sekitar Kamu Budi.
Budi                  : Jadi menurut bapak, saya harus bagaimana ? 
Konselor          : bapak mau tanya, setiap hari rutinitas Kamu apa saja dari pagi sampai sore?
Budi                  :Bangun tidur saya mandi dan siap-siap pergi sekolah, pulang sekolah saya istirahat sebentar sambil menonton TV sampai saya ketiduran. Setelah itu paling saya santai- santai saja pak dan kadang-kadang Saya diajak main bola sama teman-teman saya pak sampai sore. Habis magrib saya kadang baca buku sebentar paling setengah jam pak. Setelah itu saya main PS sama teman-teman satu kost sampai tengah malam pak. Jika mengantuk saya langsung tidur pak.
Konselor          :Oh begitu, jadi menurut Budi apa yang sebaiknya di lakukan untuk merubah kebiasaan burukmu itu?
Budi                  :Saya ingin mencoba membagi waktu saya pak.
Konselor          :Bagaimana cara kamu membagi waktumu itu?




Budi                  :Saya pulang sekolah setiap hari jam 15.00 termasuk bimbel untuk ujian. Sepulang sekolah Saya akan langsung makan, bersih-bersih atau tidur sebentar untuk mengistirahatkan badan karena Saya kan capek tuh habis belajar seharian. Nah setelah itu Saya bisa menggunakan waktu bersantai kamu sambil kerjakan tugas atau baca bahan untuk UN, Saya akan mengurangi nonton TV dan main game untuk mengerjakan tugas yang secepatnya akan di kumpulkan, atau menggunakan waktu sesudah magrib atau subuh untuk belajar dan mengingat bahan pelajaran yang akan di UN-kan banyak. Mungkin Saya akan mencoba cara itu pak.
Konselor          :Waaah, itu cara yang bagus sekali Budi. bapak percaya, Kamu pasti bisa.
Budi                  :Begitu ya pak, saya mulai mengerti sekarang. Saya akan mencoba dan belajar membagi waktu sebaik mungkin agar tugas saya bisa selesai secepatnya pak dan saya berjanji tidak merokok lagi untuk kesehatan dan demi orang tua saya.
Konselor          :Iya, semangat Budi. Ibu mendukung niat baikmu itu. (tersenyum manis)
Budi                  :(membalas senyum guru BK), terima kasih ya pak sudah menemani Saya ngobrol dan mendengarkan uneg – uneg Saya. 
(teeettt teeett teeettt, bel tanda masuk pun berbunyi)
Konselor          :Iya sama-sama Budi. Nah, itu suara bel udah bunyi. Sebaiknya sekarang kamu masuk kelas yah, pelajaran selanjutnya akan segera di mulai. Kalau ada masalah jangan dipendam sendiri ya, kamu bisa cerita sama bapak atau sahabat kamu supaya bebannya tidak terlalu berat.
Budi                  : Iya pak, Saya masuk kelas dulu yah pak. (sambil bersiap-siap berdiri)
Konselor          : Iya Budi, Ibu juga mau kembali ke kantor. (berdiri)

Percakapan mereka pun terhenti di karenakan bel masuk berbunyi. Budi berjalan menuju kelas, sedangkan Konselor berjalan ke arah kantor















PRAKTEK KONSELING INDIVIDU
TEORI CLIENT-CENTERED


Dosen pengampu : Dra. Wahyu M, M.Pd
























Disusun oleh :
Budi Haryadi 11012008
Imanu Ahmad S 11012018








PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI WATES

2013

2 komentar: