Dialog konseling dengan mengunakan pendekatan Trait and faktor ~ Tentangku

Kamis, 03 Juli 2014

Dialog konseling dengan mengunakan pendekatan Trait and faktor

Nama Clien      :   Budi
Alamat              :   wates
Kelas                 :   3
Permasalahan :   Ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi  tetapi terbentur karena masalah ekonomi, Karena orang tuanya hanya seorang petani.
Pendekatan      :   Trait and Faktor.

Tahap Awal (Analisis)
Konselor    :   (ingin duduk didepan pintu hendak keluar, melihat seorang siswa berdiri diam di depan pintu masuk ruang BK, lantas…)
Klien :   Assalamu’alaikum.
Konselor    :   Wa’alaikum salam…
                      Kamu budi kan? Silahkan masuk!
Klien :   Iya Pak…, sebenarnya saya mau ketemu Bapak, tapi saya malu.
Konselor    :   Mau ketemu Bapak? Apakah ada yang bisa Bapak bantu?
Tahap Tengah (Sintesis)
Klien :   Iya Pak…, saya lagi….
Konselor     :   Lagi apa? Sama Bapak ko malu.
Klien :   Begini Pak, saya bingung.
Konselor    :   Bingung kenapa?
Klien :   Setelah lulus SMK ini saya mau ngelanjutin ke mana…,
saya bingung mau ngambil jurusan apa?
Konselor     :   Oh gitu…, emangnya Siska maunya ngambil jurusan apa?
Tahap Tengah (Diagnosis)
Klien :   Kalau saya pingin banget ngambil jurusan Kedokteran Pak…,
tapi saya bingung masuk Kedokteran  kan membutuhkan dana yang banyak Pak.
Konselor    :   Menurut kamu gitu?
Klien :   Iya Pak, kata teman-teman saya begitu Pak…, padahal saya pingin banget ngambil jurusan itu Pak, tapi ada kendala karena masalah ekonomi Pak, saya takutnya ditengah jalan saya berhenti karena kekurangan ekonomi Pak.


Tahap Pengakhiran (Tindak Lanjut)
Konselor :   Ya, ya Bapak bisa mengerti. Tentu masalah ini menjadi beban pikiran kamu.
Klien :   Iya Pak, saya sedih dan juga bingung.
Konselor :   Siapa pun yang mengalaminya pasti akan seperti kamu.
Klien :   Iya Pak, saya harus bagaimana?
Konselor    :   Boleh Bapak tahu, ayahnya Budi kerja di mana?
Klien :   Jangan Pak, ayah saya jangan dipanggil, ayah saya hanya seorang petani biasa…
kalo dia dipanggil ke sekolah nanti dia malu.
Konselor :   Kamu salah sangka nak, Bapak bukan mau manggil orang tua kamu, tapi nanya apa, dari jawaban kamu tadi Bapak sudah dapat jawabnya.
Klien :   Maksud Bapak?
Konselor    :   Menurut kamu?
Klien :   Iya Pak, saya tahu dengan pekerjaan Bapak saya sebagai petani tentu saja masalah ekonomi akan menjadi beban orang tua saya.
Konselor    :   Terus bagaimana langkah kamu selanjutnya?
Klien :   Saya akan kerja dulu Pak…, mengumpulkan uang untuk biaya kuliah saya, saya tidak mau terlalu merepotkan kedua orang tua saya Pak.
Konselor    :   Kalo menurut kamu itu bisa membantu kamu, mengapa tidak?
Klien :   Terima kasih Pak, saya agak merasa lega. Mudah-mudahan saya bisa mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang Dokter.
Konselor    :   Bapak jugaa berharap begitu, dan berharap masalah kamu segera bisa kamu selesaikan.
Klien :   Iya Pak.
Konselor    :   Bapak senang sekali, dan Bapak bangga sama Budi.
Klien :   Saya permisi ya Pak, dan sekali lagi terima kasih.
Konselor    :   Sama-sama, Bapak juga terima kasih, jangan segan-segan jika masih butuh bantuan Bapak, Bapak akan dengan senang hati membantu 
(sambil mengiringi budi keluar, menjabat erat tangan budi). Semangat!!!
Klien :   Assalamu’alaikum…
Konselor     :   Wa’alaikum salam wr. wb.






PRAKTEK KONSELING INDIVIDU
TEORI TRAIT AND FAKTOR

Dosen pengampu : Dra. Wahyu M, M.Pd
























Disusun oleh :
Budi Haryadi 11012008
Imanu Ahmad S 11012018








PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI WATES
2013





0 komentar:

Posting Komentar