Dialog konseling dengan pendekatan behavior ~ Tentangku

Kamis, 03 Juli 2014

Dialog konseling dengan pendekatan behavior

PRAKTEK KONSELING INDIVIDU

Deskripsi Masalah

Klien :” Assalamualaikum ”, Selamat siang pak !!!!!

Konselor : “ Walaikumsalam” Silahkan masuk, Silahkan duduk

Klien : Terima kasih pak !!

Konselor : terimakasih kamu sudah datang memenuhi undangan saya
Klien : ya bu memang ada apa saya di panggil ke ruang BK pak…?
Konselor : ya saya memanggil kamu kiranya ada yang ingin saya tanyakan kepada kamu
Klien : iya memang apa yang ingin Bapak tanyakan dari saya
Konselor : tadi pagi saya melihat kamu terlambat hampir 20 menit, kemarin saya juga melihat kamu terlambat masuk lagi, memang mengapa akhir-akhir ini kamu sering terlambat sekolah
Klien : ya pak saya minta maaf akhir-akhir ini saya sering terlambat
Konselor : saya sudah tidak mau lagi mentolelir kelakuaan kamu sekarang saya sudah bosen mendengar kamu terlambat, kamu sering tidak masuk sekolah tanpa izin bahkan kerapkali saya mendapat laporan dari guru wali kelas kamu dan guru mapel kamu bahwa kamu sering membolos pada saat jam peralajaran berlangsung memang apa motiv kamu sehingga kamu berperilaku seperti ini dan apa yang kamu lakuin setelah bangun tidur apakah kamu sehabis sholat subuh tidur lagi apa kamu semalam suntuk begadang??
Klien : iya pak…. saya minta maaf akhir-akhir ini saya mengecewakan bapak dan semua yang ada di sekolah ini, saya juga menyadari bahwa perilaku saya sudah tidak bisa di tolelir lagi sama bapak sebenarnya saya malu sama guru-guru yang ada di sini terutama sama bapak yang sudah banyak membantu saya dalam urusan masalah belajar saya namun saya telah mengecewakan bapak. saya begini karena mempunyai alasan yang menurut saya membingungkan pak…
Konselor : memang apa yang menjadi kendala kamu sehingga kamu sering melakukan hal yang seharusnya kamu tidak lakukan dan apa alasan kamu…???
Klien : sebenarnya saya tidak mau bercerita sama siapa pun ini semua masalah ekonomi keluarga saya namun saya juga butuh bantuan dari orang lain agar bisa memnyeselaikan tanpa merugikan dari pihak manapun pak
Konselor : ya saya disini bertugas untuk dapat mencoba membantu menyelesaikan masalah yang sedang di alami oleh anak didik saya dan memang apa permasalahan yang kamu hadapi sekarang terus apa kendalanya sehingga kamu sering terlambat, sering tidak masuk sekolah tanpa izin bahkan sering membolos
Klien : iya pak saya meminta maaf banget sama bapak, saya kaya begini karena saya butuh uang untuk membantu meringankan beban orang tua, saya setiap pagi keliling untuk mengantarkan Koran-koran yang sudah di pesan sama orang-orang saya mencoba untuk berkerja tiap Pagi sebagai loper Koran pak…
Konselor : jadi kamu akhir-akhir ini sering terlambat karena kamu mengantarkan koran?? Dan kalau masalah membolos kemarin pada saat jam ke 4 apa yang kamu lakuin saat itu apa sama mengantar Koran?
Klien : tidak , pak saya kemarin membolos karena saya mengantarkan pesanan telor di samping saya sebagai loper Koran saya juga mencoba bekerja mengantar telor milik tetangga saya
Konselor : orang tua kamu masih ada kan, orang tua kamu sehat kan, dan uang yang kamu dapetin dari hasil jeripayah kamu buat apa dan untuk siapa?? dan kamu tahu kan padahal kamu dapat beasiswa selama 3 tahun kan sekolah kamu free ( bebas buku bebas spp ) dan apa yang membuat kamu bekerja seperti ini, kamu masih belia belum beranjak dewasa , kamu memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bidang akademiknya dan kamu juga masih butuh pendidikan

Klien : iya pak orang tua saya masih ada tetapi ibu saya lagi sakit butuh uang untuk beli obat ibu sedangkan bapak saya bekerja sebagai kuli panggul beras di pasar yang penghasilannya tidak tentu tergantung jumlah kantong yang bapak bawa perkantongnya di kasih upah 1500 perkantong sedangkan di situ karyawannya banyak, dan ibu saya sebagai buruh cuci Cuma di hargai perkilo 2000 itu pun kalau banyak orderan pendapatan ibu lumayan tp akhir-akhir ini kan ibu sakit dan saya mencoba membantu bapak saya dan sedangkan adik saya 3 masih kecil-kecil mereka masih butuh nutrisi dan gizi untuk pertumbuhan pak…
Konselor : iya saya memahami benar kondisi ekonomi keluarga kamu namun kamu tidak seharusnya mengorbankan sekolah kamu demi membantu orang tua , memang benar membantu orang tua itu baik dan sangat mulia bahkan saya acungkan 2 jempol sama kamu karena kamu umurnya masih belia namun kamu sudah mampu membantu per ekonomian keluarga kamu namun baiknya kamu terlalu berlebihan sehingga yang jadi korban sekolah kamu apa orang tua kamu mengaetahui kamu seperti ini?
Klien : tidak pak ini inisiatif saya sendiri saya merasa kasihan sama bapak saya banting tulang seperti itu pak
Konselor : iya saya menghargai inisiatif kamu namun itu sudah mejadi kewajiban bapak kamu sebagai kepala keluarga dan tolong lah jangan mengorbankan sekolah kamu , kalau kamu terus-terusan membolos, sering terlambat bahkan kamu sering banyak tidak masuknya maka beasiswa kamu akan di cabut dari pihak sekolah dan satu-satunya jalan agar kamu bisa terus membantu ekonomi keluarga kamu dan sekolah kamu terus berjalan seperti biasanya kamu harus bisa me manage waktu sepintar-pintarnya kamu agar bisa mngatur waktu kamu
Klien : iya pak memang saya tidak pernah me manage waktu secara baik yang saya fikirkan saya harus dapet uang buat membantu kehidupan keluarga saya.
Konselor : kamu tidak boleh egois dan sekarang saya mau bertanya sama kamu apakah kamu masih minta melanjutkan sekolah kamu apa kamu sudah bosen dengan semua ini??
Klien : saya masih sangat-sangat ingin sekolah lagi pak ke jenjang lebih tinggi agar aku bisa mengangkat derajat keluarga aku
Konselor : baik lah kalau kamu mempunyai harapan namaun bapak hanya berpesan kepada kamu jalani dengan tulus, dan kamu jangan selalu puas diri terhadap hasil yang di capai kamu kalau bisa bapak berharap kamu bisa mempertahankan beasiswa kamu sayang banget kalau tidak di gunakan secara menyeluruh dan semoga kamu bisa memanage waktu dengan baik dan kamu harus fikirkan jangka panjang kalau kamu seperti ini damapaknya baik ga buat kelangsungan hidup kamu di masa yang akan datang
Klien : iya pak. terimakash pak sudah kasih tahu dan saya berjanji semoga dengan perubahan saya yang sekarang bisa me manage waktu dan tidak telambat dan berfikir secara seimbang antara jangka pnjang dan jangka pendek serta dampak buat masa depan saya pak
Konselor : iya sama-sama mulai sekarang rubah kelakuana kamu menjadi lebih baik-baik saya hanya ingin berpesan tolong jaga beasiswa kamu agar kamu tetap bisa menjalani. Selanjutnya agar kamu bisa maraih cita-cita yang kamu ingini
Konselor : ya sudah kamu bisa kembali ke kelas dan mengikuti mata pelajaran sekali lagi saya berterimakasih karena kamu sudah memenuhi undangan saya dan saya mohon maaf apabila kata-kata bapak ada yang menyinggung perasaan kamu
Klin :ia pak :) saya ucapkan terima kasih karena bapak sudah mau mendengarkan curhatan saya. Ya sudah saya ermisi dulu pak asalamu'alaikum

Konselor : wa’alikumsalam

1 komentar:

  1. Tuscany Hot Sauce - Tuscany Hot Sauce
    This sauce is a titanium plate flat irons great addition to any dish that's spicy, but tungsten titanium you do have to add some spice to 2018 ford ecosport titanium your meal. Tuscany Hot Sauce, $6.99. titanium 4000 FOR SALE! Our Habanero titanium welding

    BalasHapus